Mari rayakan bulan film nasional dengan caramu

Piknik Sinema, Menikmati dan Mengapresiasi Karya Film Roufy Nasution

by - Maret 03, 2018

Piknik Sinema | Foto: Alfan Rahadi
YES! Parade Film Malang telah kembali dengan rangkaian acara yang lebih tertata dan padat, mulai dari workshop resensi, workshop pembuatan film dan sesi pemutaran akan digelar selama sebulan penuh di bulan Maret ini. 2 Maret 2018 adalah tanggal dari event pertama sekaligus pembuka rangkaian event PARADE FILM MALANG #3. Event pertama ini diadakan di sebuah workspace bernama NGALUP.CO di bilangan Sudimoro, Mojolangu, Malang. Acara ini bertajuk Piknik Sinema yang diadakan oleh UKM film Universitas Brawijaya, Nol Derajat. Sutradara yang dihighlight malam itu adalah Roufy Nasution.
Roufy Nasution adalah Sineas asli Kota Medan lulusan 2016 Telkom University Fakultas Seni Rupa Dan Desain yang pertama merantau ke Bandung tahun 2012 dengan niat menjadi desainer Jersey Bola, namun akhirnya banting setir menjadi sineas sampai sekarang. Total Roufy telah membuat 10 film dan beberapa di antaranya seperti Luna dan Jeni Lova telah malang melintang di festival – festival film pendek nasional seperti Jogja Netpac dan West Java Film Festival. Total malam itu Piknik Sinema memutar 4 film dari Roufy Nasution yaitu Jeni Lova, Sweetness Satan, Hotel’s Water dan Holy Moon.


Pada awalnya Ngalup.co tampak sepi sampai pukul 19.30 sehingga pemutaran yang awalnya 19.00 diundur sampai penonton minimal memenuhi separuh kuota 50 kursi yang ada. Tak disangka – sangka, sampai film kedua diputar, penonton susulan kemudian berdatangan sampai akhirnya membludak dan ada yang terpaksa berdiri di area sebelah kiri area tempat duduk penonton.

Film pertama adalah Hotel’s Room yang bercerita tentang seorang cleaning service hotel yang menemukan seorang wanita tidak sadarkan diri di kamar hotel atau bahkan terduga mati. Kedua adalah Jeni Lova yaitu tentang dua orang insan yaitu seorang penulis cerpen bernama Jeni Lova dan calon suaminya yaitu Jaki. Jeni lari dari sesi prewed mereka untuk mencari inspirasi untuk ending cerpen yang tengah dibuatnya. Jeni menyuruh Jaki mencarinya ke Pantai Santolo jika Jaki ingin menikahinya. Ketiga Sweetness Satan yaitu seorang pria yang baru saja mengalami nasib tragis yaitu kehilangan calon istrinya 4 hari sebelum menikah lalu kemudian mencari pelarian ke sebuah air terjun di sebuah hutan dan bertemu seorang wanita misterius bernama Piyano. Terakhir adalah Holy Moon, bercerita tentang seorang pekerja yang baru saja resign dari pekerjaannya di Bandung di saat bulan Puasa. Ramon sangat percaya akan keajaiban, bahkan saat uang untuk mudik habis pun dia tak ambil pusing dan berjalan – jalan keluar kostnya dan disitulah ia bertemu Aluna, pemain biola jalanan yang ia temui sepulang dari kantor. Aluna kemudian memberitahunya tentang seorang misterius yang berkacamata hitam yang katanya memberinya keajaiban.


Penonton membludak | Foto: Alfan Rahadi
Dari kesemua film itu terdapat satu benang merah yaitu kekagumannya akan Wes Anderson dan Michael Haneke, terutama color grading yang cerah serta long track shot yang simetris dan frontal. Tak hanya itu, Roufy juga gemar menggunakan plot yang absurd dan terkadang sedikit ajaib. Penonton sesekali tergelak dengan dialog yang secara absurd konyol.

Di akhir pemutaran dijadwalkan akan ada pembicara hadir namun ternyata karena berhalangan, maka panitia pun menggunakan cara brilian yaitu dengan video call. Ternyata masih juga terkendala dengan koneksi internet yang tidak lancar, akhirnya diskusi pun batal.

Dari 80 penonton yang hadir, mereka semua tertib, walaupun ada yang tidak dapat tempat duduk, mereka rela berdiri sambil menikmati film – film tersebut sampai habis. Pemilihan lokasi yaitu Ngalup.co pun juga cocok karena tempatnya yang jauh dari keramaian sehingga pengalaman audionya tidak terganggu suara dari luar.

You May Also Like

1 komentar

  1. Film pertama adalah Hotel’s Room yang bercerita tentang seorang cleaning service hotel yang menemukan seorang wanita tidak sadarkan diri di kamar hotel atau bahkan terduga mati.

    http://www.cf88indo.net/

    BalasHapus